Senin, 15 Maret 2010

Cerdas Milik Semua Orang

Pernahkah kita berfikir bahwa kita ini bodoh??kita lahir tanpa kelebihan apapun?Sering kita pernah berfikir bahwa kitalah orang yang paling bodoh, yang tak bisa berbuat banyak di dunia ini. Karena kita BELUM pernah berprestasi, karena kita BELUM pernah bisa meraih apa yang kita inginkan???

STOP!!! Jangan pernah berpikir seperti itu. Karena sesuai Firman Allah (At-Tin : 4) bahwa Allah menciptakan manusia dengan kesempurnaan-Nya dalam keadaan sebaik-baiknya. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan menggali setiap bakat yang telah diberikan oleh Allah. Mengenai hasilnya, kita serahkan saja kepada Sang Pengatur Urusan.


Mengenai berprestasi atau tidaknya kita nanti, sebenarnya juga dipengaruhi oleh faktor kecerdasan yang kita miliki. Karena ternyata kecerdasan itu tidak hanya tentang prestasi ataupun kecerdasan kita dalam hal pelajaran saja. Tapi ada beberapa kecerdasan lain yang berkembang selain kecerdasan otak tentunya.

Diantaranya :

1. Kecerdasan Verbal Linguistik

Jenis kecerdasan ini berhubungan dengan membaca, menulis dan termasuk menulis puisi, sajak dan bercerita. Kecerdasan ini juga disebut kecerdasan kata-kata.


2. Kecerdasan Numerik

Mereka sangat suka dengan data-data statistik dan angka-angka. Mereka juga mudah menyelesaikan persoalan matematika, pemikir yang rasional dan tenang.

3. Kecerdasan Ruang/Visual

Kalau dengan mencoret-coret kita bisa lebih mendengarkan pelajaran di kelas. Atau jika kita selalu melihat benda-benda yang ingin difoto. Kecerdasan ini terbiasa melihat pola, desain dan ruang. Ini banyak ditemukan pada seniman, arsitek dan koreografer yang bisa memvisualkan objek 2/3 dimensi menjadi nyata.

4. Kecerdasan Musikal

Apakah kita seorang yang menikmati atau bahkan menciptakan harmoni suara? Maka kita termasuk orang yang cerdas secara musikal. Kecerdsan ini berhubungan dengan suara, ritme dan rima.

5. Kecerdasan Fisik


Orang yang mempunyai kecerdasan ini biasanya dengan sadar dapat menggunakan gerk tubuhnya dengan baik dan sangat suka dengan olahraga.

6. Kecerdasan Interpersonal

Jika kita mudah membina persahabatan dengan orang-orang, atau mudah untuk mengetahui apa yang dipikirkan temanmu. Kecerdasan ini mengacu Pada cara seseorang bergaul dengan orang lain.

7. Kecerdasan Natural

Kecerdasan ini mendefisinikan kepekaan seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Kalau kita menikmati berada di alam terbuka setiap akhir pekan atau terlibat dalam suatu kelompok yang mengurusi masalah lingkungan hidup maka kita termasuk ke dalam orang cerdas secara natural.


8. Kecerdasan Emosional


Kecerdasan emosional adalah kecerdasan mengenai diri sendiri atau sadar diri dan cara kita menangani emosi. Jika kita terkena situasi sulit, kita dengan mudah dapat mengontrolnya, jika kita sabar dengan segala kekurangan, jika kita berpikir sebelum menjawab, maka kita termasuk orang yang mempunyai kecerdasan emosional.

9. Kecerdasan Intuitif/Visi

Ini adalah kecerdasan seseorang yang menentukan menjadi pemimpin atau pengikut. Pemimpin-pemimpin besar dapat melihat situasi yang akan terjadi dan mengambil tindakan tepat untuk menanggapinya. Tindakan yang diambil bukan hanya berdasarkan intuisi semata tetapi melihat juga fakta-fakta ke belakang dan melakukan keputusan dengan berani.

10. Kecerdasan Finansial

Apakah kita selalu mengaudit pemasukan dan pengeluaran kita? Apakah kita dapat dengan mudah mengelola uang? Maka anda termasuk orang yang cerdas secara finansial.

Tuh kan, ada banyak skali kecerdasan. Mungkin aja kita pandai dalam hal berbicara tapi dalam hal hitung-menghitung kita kurang begitu pandai. So, jangan pernh mikir kalo kita ini lemah. Karena Allah akan selalu memberi kelebihan pada hamba-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar